Modul dan Ringkasan Materi Matematika SMA

Berikut ini saya postingkan modul pelajaran Matematika SMA mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII.
Modul ini disusun sedemikian rupa, mulai dari materi dan rumus-rumus singkat, latihan soal beserta pembahasan dengan metode biasa dan metode cepat (smart solutions) matematika, dan soal uji kompetensi untuk mengukur tingkat keberhasilan anda dalam belajar tentang bab yang sedang dipelajari. Silahkan di download.

  1. Bentuk Pangkat dan Akar 
  2. Sistem Persamaaan Linier 
  3. Persamaan dan Fungsi Kuadrat 
  4. Pertidaksamaan 
  5. Logika Matematika 
  6. Trigonometri 
  7. Dimensi Tiga  
  8. Statistika 
  9. Peluang 
  10. Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers 
  11. Limit Fungsi 
  12. Turunan  
  13. Program Linier 
  14. Matriks 
  15. Barisan dan Deret
::UPDATE...::
Materi Matematika Lengkap sesuai Kurikulum 2015 untuk Kelas X, Kelas XI dan Kelas XII silahkan menuju ke sini...

Modul di atas saya susun dengan dasar pemikiran bahwa salah satu hambatan dalam pembelajaran matematika adalah banyak siswa yang tidak tertarik pada matematika itu sendiri. Dengan adanya motivasi yang baik, siswa akan lebih mudah dan senang belajar matematika. Nah, di dalam modul tersebut sudah saya cantumkan cara-cara singkat dalam mengerjakan soal-soal matematika SMA--yang biasanya menjadi 'yang paling dicari' oleh para siswa.
Selanjutnya tentang anggapan umum bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sukar dan menjemukan, harus secara sistematis dihilangkan dengan jalan meramu pembelajaran matematika dengan strategi yang variatif, di antaranya ditunjukkan bahwa pembelajaran matematika dapat dilangsungkan di luar kelas (outdoor mathematics) atau dapat berupa teka‐teki maupun permainan sehingga kita dapat berekreasi dengan matematika.
Di dalam blog ini juga saya menulis beberapa permainan matematika dan tebakan-tebakan logika yang dapat digunakan sebagai selingan , trigger, ice breaker, atau menjadi bahan pembelajaran matematika itu sendiri.
Kalau anda tertarik silakan ke sini atau ke sini.
Semoga bermanfaat.

2 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.