Teka-Teki Matematika Aritmatika: Perlombaan Lari

tebak-tebakan matematika
sprint runner


Apa kabar Anda hari ini? Lelah dengan segala aktifitas yang seabreg? Bosan dengan tontonan televisi yang beritanya itu-itu melulu? Atau malah sedang labil oleh kontroversi hati karena terkudeta konspirasi kemakmuran yang semangkin mempersuram statusisasi kehidupan anda? :D *ikut-ikutan ter-vicky*

Permainan teka-teki matematika yang akan saya sajikan berikut ini mungkin bisa dijadikan intermezzo atau refreshing otak biar setelah ini menjadi lebih rileks dalam menjalani aktifitas. Silahkan dicermati cerita berikut.

Ada dua orang yang sedang berlomba lari sprint 100 meter, sebut saja namanya Andik dan Bambang. Mereka start dari jarak yang sama. Ketika Andik sudah menyentuh garis finish, Bambang baru menempuh jarak 97 meter. Setelah istirahat beberapa saat mereka sepakat untuk mengulangi perlombaan lagi. Tetapi kali ini posisi start berubah. Bambang berdiri tepat di garis start sedangkan Andik berada 3 meter di belakangnya. Jika mereka berlari dengan kecepatan yang sama seperti pada perlombaan yang pertama, siapakah yang akan mencapai garis finish lebih dahulu? Jelaskan jawaban anda.



note: soal ini tidak melibatkan rumus tertentu, hanya menggunakan penalaran dan sedikit kemampuan dasar aritmatika.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.