DESKRIPSI MATA KULIAH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEMPORER


DESKRIPSI MATA KULIAH
Matakuliah
:
Model Pembelajaran Matematika Kontemporer
Kode Matakuliah
:
GPF.6.2.75
Program Studi
:
PGMI
Bobot sks
:
2 sks
Semester
:
VI (enam)
Elemen Kompetensi
:
MKK (Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan)
Jenis Kompetensi
:
Lain/Pilihan
Standar Kompetensi
:
Mahasiswa mampu memahami berbagai macam model pembelajaran matematika dan mampu menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI

No.
Penyaji
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
Amalina Hasyiati
Lailatul Badriah
Mahasiswa mampu memahami  hakikat matematika dan pembelajaran matematika di MI
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.    Menjelaskan hakikat matematika
2.    Menjelaskan hakikat anak didik
3.    Menjelaskan ciri pembelajaran matematika di MI
2.
Rifky Rosdiana Dewi
Zayyin M. Arifin
Andri Purnomo
Mahasiswa mampu menjelaskan pembelajaran matematika tradisional, modern dan masa kini
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.    Menjelaskan pembelajaran matematika tradisional
2.    Menjelaskan pembelajaran matematika modern
3.    Menjelaskan pembelajaran matematika masa kini
3.
Kiki Wulandari
M. Nusthon Nawawi
Tri Lestari
Arlin Hermhawati
Imro Atussholeha
Umi Lailatun Nafiah
Mahasiswa mampu memahami aliran psikologi tingkah laku dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.    Menjelaskan teori belajar yang dikemukakan oleh Thorndike dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI
2.    Menjelaskan teori belajar yang dikemukakan oleh Pavlov dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI
3.    Menjelaskan teori belajar yang dikemukakan oleh Bandura dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI
4.    Menjelaskan teori belajar yang dikemukakan oleh Skinner dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI
5.    Menjelaskan teori belajar yang dikemukakan oleh Ausubel dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI
6.    Menjelaskan teori belajar yang dikemukakan oleh Gagne dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI
4.
Wahyu Wulandari
Erni Muzayyanah
Amim Imroatul K.
Siti Muslikah
Mahasiswa mampu memahami aliran psikologi kognitif dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.    Menjelaskan teori belajar yang dikemukakan oleh Bruner  dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI
2.    Menjelaskan teori belajar yang dikemukakan oleh Brownell dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI
3.    Menjelaskan teori belajar yang dikemukakan oleh Dienes dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI
4.    Menjelaskan teori belajar yang dikemukakan oleh Van Hiele dan menerapkannya dalam pembelajaran matematika di MI
5.

Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai macam pendekatan pembelajaran matematika di MI (bagian I)
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.    Menjelaskan pendekatan  induktif pada pembelajaran matematika di MI
2.    Menjelaskan pendekatan  deduktif pada pembelajaran matematika di MI
3.    Menjelaskan pendekatan spiral pada pembelajaran matematika di MI
4.    Menjelaskan pendekatan  konstruktivisme pada pembelajaran matematika di MI
5.    Menjelaskan pendekatan  kontekstual pada pembelajaran matematika di MI
6.    Menjelaskan pendekatan  pemecahan masalah pada pembelajaran matematika di MI
7.    Menjelaskan pendekatan  realistik pada pembelajaran matematika di MI
6.
Rudianto
Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai macam pendekatan pembelajaran matematika di MI (bagian II)
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.    Menjelaskan pendekatan  terpadu pada pembelajaran matematika di MI
2.    Menjelaskan pendekatan  kooperatif pada pembelajaran matematika di MI
7.
Windi Astuti
Eka Nurlaela
M. Ridwan Fauzi
Nadia Okta R.
Mahasiswa mampu menjelaskan metode pembelajaran matematika, bermain sambil belajar dan penemuan dalam matematika
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
1.    Menjelaskan metode pembelajaran dalam matematika
2.    Menjelaskan bermain sambil belajar
3.    Menjelaskan penemuan dalam matematika


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.