SK KD SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SD/MI

 Kelas I, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Seni Rupa
1.
Mengapresiasi karya seni rupa
1.1
Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar
1.2
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada  benda  di alam sekitar
2.
Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa
2.1
Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif
2.2
Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/menyobek
Seni Musik
3.
Mengapresiasi karya seni musik
3.1
Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
3.2
Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
3.3
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
4.
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
4.1
Menampilkan permainan pola irama sederhana
4.2
Mengekspresikan diri melalui vocal
4.3
Mengekspresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
4.4
Melafalkan lagu anak-anak
4.5
Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal
Seni Tari
5.
Mengapresiasi karya seni tari
5.1
Mengidentifikasi  fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat
5.2
Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
5.3
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
6.
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
6.1
Menanggapi rangsangan bunyi dengan gerakan spontan
6.2
Menampilkan unsur gerak tari di depan penonton

Kelas I, Semester 2    
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Seni Rupa
7.
Mengapresiasi karya seni rupa
7.1
Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar
7.2
Menyatakan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada  benda di alam sekitar
8.
Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa
8.1
Mengekspresikan diri melalui karya seni gambar ekspresif
8.2
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa dua dimensi dengan teknik menempel
Seni Musik
9.
Mengapresiasi karya seni musik
9.1
Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam
9.2
Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan  alam
9.3
Mengidentifikasi irama dan melodi sederhana
10.
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
10.1
Menampilkan permainan pola irama dan melodi sederhana
10.2
Memeragakan  dinamik sederhana
10.3
Mengekspresikan diri melalui vocal, alat musik atau sumber bunyi sederhana
10.4
Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib
Seni Tari
11.
Mengapresiasi karya seni tari
11.1
Mengidentifikasi  fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat
11.2
Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
11.3
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
12.
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari.
12.1
Menanggapi dengan gerakan spontan rangsangan bunyi
12.2
Merangkaikan gerak tari sesuai  iringan bunyi
12.3
Mengekspresikan diri melalui gerakan sendiri

Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Seni Rupa
1.
Mengapresiasi karya seni rupa
1.1
Mengenal unsur rupa pada  karya seni rupa
1.2
Menunjukkan sikap apresiatif  terhadap unsur rupa pada karya seni rupa
2.
Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa
2.1
Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif
2.2
Mengekspresikan diri melalui teknik cetak tunggal
Seni Musik
3.
Mengapresiasi karya seni musik
3.1
Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat  musik
3.2
Membedakan antara nada dengan irama
4.
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
4.1
Memeragakan dinamik sederhana
4.2
Mengekspresikan diri melalui alat musik/sumber bunyi  sederhana
4.3
Menyanyikan lagu  wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana
4.4
Mementaskan permainan musik dengan alat musik sederhana di depan penonton
Seni Tari
5.
Mengapresiasi karya seni tari
5.1
Mengidentifikasi gerak alam semesta 
5.2
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta
6.
 Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
6.1
Menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak
6.2
Menanggapi gerak alam semesta dalam bentuk gerakan tari
Keterampilan
7.
Menerapkan teknologi sederhana dalam keterampilan
7.1
Menjelaskan cara pembuatan cat pewarna dari bahan alam
7.2
Menyiapkan  bahan alam untuk pembuatan cat
7.3
Membuat cat pewarna dari bahan alam
 Kelas II, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Seni Rupa
8.
Mengapresiasi karya seni rupa
8.1
Mengidentifikasi unsur rupa pada  karya seni rupa
8.2
Menunjukkan sikap apresiatif   terhadap unsur rupa pada karya seni rupa tiga dimensi
9.
Mengekspresikan diri melalui seni rupa.
9.1
Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresi
9.2
Menggunakan klise cetak timbul
9.3
Mengekspresikan diri melalui teknik cetak timbul
10.
Mengenal unsur musik
10.1
Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alat musik konvensional
10.2
Membedakan antara nada dengan irama
11.
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
11.1
Memeragakan dinamik sederhana
11.2
Mengekspresikan diri melalui alat musik/sumber bunyi  sederhana
11.3
Menyanyikan lagu  wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana
Seni Tari
12
Mengapresiasi karya seni tari
12.1
Mengidentifikasi gerak alam semesta
12.2
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta
13.
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
13.1
Menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak
13.2
Menanggapi gerak alam semesta  dalam bentuk gerakan tari
13.3
Menyajikan beberapa ragam gerak tari di depan penonton


Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Seni Rupa
1.
Mengapresiasi karya seni rupa
1.1
Menjelaskan  simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
1.2
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa dua dimensi

2.
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
2.1
Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri
2.2
Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dari motif hias daerah setempat
Seni Musik
3.
Mengapresiasi  karya seni musik
3.1
Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu sederhana
3.2
Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik
3.3
Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu
4.
Mengekspresikan diri melalui karya  seni musik
4.1
Memainkan alat musik ritmis sederhana
4.2
Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau  tanpa iringan sederhana
Seni Tari
5
Mengapresiasi karya seni  tari
5.1
Menjelaskan simbol dalam seni tari
5.2
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan terhadap pertunjukan
6.
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari.
6.1
Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema  tanpa iringan
6.2
Menyajikan tarian pendek bertema  tanpa iringan
Keterampilan
7.
Membuat benda yang dapat  digerakkan oleh angin secara sederhana
7.1
Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin
7.2
Merancang benda  yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas
7.3
Membuat benda  yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas
 Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Seni Rupa
8.
Mengapresiasi karya seni rupa
8.1
Menjelaskan   simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
8.2
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
9.
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
9.1
Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar
9.2
Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi
Seni Musik
10.
Mengapresiasi  karya seni musik
10.1
Menjelaskan simbol tempo dalam lagu
10.2
Menjelaskan makna ansambel
10.3
Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik
10.4
Menghubungkan simbol nada dengan tempo dalam lagu
11.
Mengekspresikan diri melalui karya  seni musik
11.1
Memainkan musik dalam bentuk ansambel  dengan alat musik ritmis sederhana
11.2
Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana
Seni Tari
12

Mengapresiasi karya seni  tari
12.1
Menghubungkan gerak, busana, dan perlengkapan dengan  simbol dalam seni tari
12.2
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan
12.3
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat
13.
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
13.1
Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema  dengan iringan
13.2
Menyajikan tarian pendek bertema  dengan iringan
13.3
Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik
Keterampilan
14
Membuat benda yang dapat  digerakkan oleh angin secara sederhana
14.1
Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin
14.2
Merancang benda  yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas
14.3
Membuat benda  yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.