JADWAL PRESENTASI MATA KULIAH MATEMATIKA 3 KELAS PGMI D SEMESTER GENAP 2015/2015

No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Penyaji
Waktu
1.
Memahami konsep segi empat dan segi tiga serta menentukan ukurannya
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:


1.        Mengaplikasikan sifat-sifat jajar genjang untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
Eka Dianawati
Minggu I
2.        Menghitung keliling dan luas bangun  jajar genjang
Ulfa Nikmaturrohmah
3.        Mengaplikasikan sifat-sifat belah ketupat untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
Ali Luvia Rosi
4.        Menghitung keliling dan luas bangun belah ketupat
Resma Yuliana
5.        Mengaplikasikan sifat-sifat persegi panjang untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
Lely Astarina
6.        Menghitung keliling dan luas bangun persegi panjang
Tri Yulaika
7.        Mengaplikasikan sifat-sifat persegi untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
Arum Sujiheni
Minggu II
8.        Menghitung keliling dan luas bangun persegi
Muhamat Saifuddin
9.        Mengaplikasikan sifat-sifat trapesium untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
Misrini
10.    Menghitung keliling dan luas bangun trapezium
Rina Rofiqotul Ula
11.    Mengaplikasikan sifat-sifat layang-layang untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
Rinawati
12.    Menghitung keliling dan luas bangun layang-layang
Pinta Terima Yoga
2.
Memahami konsep segi empat dan segi tiga serta menentukan ukurannya
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:


1.        Mengaplikasikan sifat-sifat segitiga untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
Farikah Ismawati
Minggu III
2.        Mengenal jenis-jenis bangun segi tiga
Wahyu Susanto
3.        Menghitung keliling bangun segi tiga
Evi Widyawati
4.        Menghitung luas bangun segi tiga
3.
Menerapkan dalil Pythagoras dalam pemecahan masalah sehari-hari
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:


1.        Menemukan dalil Pythagoras
Primayesti Handa I.
Minggu IV
2.        Membuktikan dalil Pythagoras
3.        Menggunakan dalil Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segi tiga siku-siku
Ranti Artsilyaningsih
4.        Memecahkan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan dalil Pythagoras
Dewi Setia Puspitasari
4.
Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:


1.        Menjelaskan konsep kesebangunan
Intan Ardiati
Minggu V
2.        Mengaplikasikan kesebangunan dengan sudut yang berelasi
3.        Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen
Desi Setyo Putri
4.        Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
5.        Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah sehari-hari
Eka Hayu Nurwati
5.
Menentukan unsur, bagian lingkaran serta pengukurannya
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:



1.        Menentukan unsur-unsur lingkaran.
Awing Munawirul S.
Minggu VI
2.        Menentukan bagian-bagian lingkaran
3.        Menghitung nilai phi
Wiji Astutik
4.        Menghitung keliling lingkaran.
5.        Menghitung luas lingkaran
6.        Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan keliling dan luas lingkaran.
Ani Dwi Prahastuti
7.        Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
Ula Masfufatu R.
6.
Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:


1.        Membuat denah letak benda
Dwi Nur Hidayat
Minggu VII
2.        Mengenal koordinat posisi sebuah benda
3.        Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius
Roudlotul Badi’ah
4.        Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan sistem koordinat Kartesius
7.
Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:


1.        Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat kubus serta bagian-bagiannya
Faridhatun Daima
Minggu VIII
2.        Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk kubus
3.        Membuat jaring-jaring kubus
PG. D
4.        Menghitung luas permukaan kubus

5.        Menghitung volume kubus
6.        Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat balok serta bagian-bagiannya

7.        Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk balok
8.        Membuat jaring-jaring balok
PG. D
9.        Menghitung luas permukaan balok

10.    Menghitung volume balok
11.    Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat prisma serta bagian-bagiannya

Minggu IX
12.    Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk prisma
13.    Membuat jaring-jaring prisma
PG. D
14.    Menghitung luas permukaan prisma

15.    Menghitung volume prisma
16.    Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat limas serta bagian-bagiannya

17.    Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk limas
18.    Membuat jaring-jaring limas
PG. D
19.    Menghitung luas permukaan limas

20.    Menghitung volume limas
8.
Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya

Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:


1.        Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat tabung serta bagian-bagiannya

Minggu X










2.        Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk tabung

3.        Membuat jaring-jaring tabung
PG. D
4.        Menghitung luas permukaan tabung

5.        Menghitung volume tabung

6.        Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat kerucut serta bagian-bagiannya

7.        Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk kerucut

8.        Membuat jaring-jaring kerucut
PG. D
9.        Menghitung luas permukaan kerucut

10.    Menghitung volume kerucut
11.    Mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat bola serta bagian-bagiannya

12.    Menunjukkan benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk bola

13.    Membuat jaring-jaring bola
PG. D
14.    Menghitung luas permukaan bola

15.    Menghitung volume bola

9.
Menggunakan  pengukuran waktu, sudut, panjang dan berat dalam pemecahan masalah

Pada akhir perkuliahan mahasiswa dan mahasiswi diharapkan  mampu:


1.        Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam)

Minggu XI
2.        Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah

3.        Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat

4.        Menentukan hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang dan antar satuan berat

5.        Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam

6.        Melakukan operasi hitung satuan waktu

7.        Melakukan pengukuran sudut

8.        Mengenal satuan jarak dan kecepatan

9.        Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan waktu, jarak dan kecepatan

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.