Tebakan Matematika dan Permainan Logika

math puzzle

Pernahkah anda "ditodong" oleh murid-murid anda untuk memberikan sebuah permainan atau tebak-tebakan pada saat akan memulai KBM?
Terkadang sebagai seorang "dalang" kita mesti mempunyai banyak skenario dan bahan cerita yang cukup beragam agar suasana pembelajaran tidak menjadi monoton dan membosankan.
Konsekuensinya, kita mesti harus banyak membaca dan meng-upgrade diri serta menambah wawasan sehingga bisa mengikuti dan menyesuaikan kebutuhan siswa. Adakalanya saya memberikan pada kelas beberapa permainan dan tebakan-tebakan logika untuk melatih cara berpikir dan mengasah kreatifitas anak.
Berikut ini saya berikan beberapa tebakan dan permainan logika. Mungkin tidak begitu berkaitan dengan pelajaran matematika, tetapi jelas menuntut anda berpikir secara logis dan juga "out of the box". Beberapa pertanyaan ditujukan agar siswa mampu mengelaborasi jawaban dan melatih berpikir lateral yang nantinya akan membawa pada sebuah ide yang kreatif.

Silahkan anda baca kalimat dan pernyataan di bawah ini dengan cermat agar dapat menemukan solusinya secara tepat.
  1.  Asumsikan bahwa penduduk bumi saat ini adalah 6,7 milyar orang. Jika anda mengalikan semua jumlah jari tangan kiri dari setiap orang ( sebagai catatan, jempol dihitung juga sebagai jari), perkirakan, berapakah hasil dari perkalian tersebut? Jika anda kesulitan memperkirakan hasilnya, silahkan perkirakan saja berapa panjang digit hasil perkalian tersebut.
  2. Kinanti adalah seorang pedagang berdarah Jawa yang dermawan. Pada suatu saat terjadi bencana kekeringan dan gagal panen di sebagian besar pulau Jawa. Dia kemudian mengimpor beras dari Thailand dengan harga Rp. 10.000,- per kilo dan menjualnya kembali di daerah yang terkena bencana dengan harga Rp. 1.000,- per kilonya. Hasilnya dia menjadi seorang jutawan. Bagaimana bisa?
  3. Pertanyaan ketiga ini tidak berkaitan dengan matematika, tetapi menuntut anda untuk cermat dan berpikir logis. Berikut ini pertanyaannya: Pada suatu saat di sebuah perempatan jalan raya yang ramai seorang polisi sedang berjaga di posnya. Dia melihat sopir truk berjalan menerobos lampu merah tetapi dia tidak berusaha menghentikan atau menilangnya. Apakah sebabnya?
  4. Permasalahan yang ke empat ini juga tidak berkaitan dengan matematika, tetapi lagi-lagi menuntut anda untuk berpikir secara logis dan "out of the box". Suatu ketika anda sedang mengendarai motor sendirian. Saat itu adalah malam hari dan suasana sepi sekali. Tiba-tiba anda melihat ada tiga orang di sebuah halte sedang menunggu angkutan. Yang pertama adalah seorang wanita yang sudah sangat tua dan terlihat kesakitan. Yang kedua adalah sahabat baik anda waktu kecil yang pernah menyelamatkan jiwa anda. Orang yang ketiga adalah seseorang yang selama ini anda cintai secara diam-diam. Motor anda hanya dapat diboncengi oleh satu orang saja. Siapakah yang akan anda pilih?

Eitsss.. coba jawab dulu ya..
Silahkan anda jawab dengan argumen yang logis dan masuk akal. Solusi akan saya postingkan jika sudah ada 20 komentar pembaca yang masuk.
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini. Jika anda tertarik silahkan baca juga artikel tentang puzzle matematika atau tebakan-tebakan logika lainnya melalui link-link di bawah dan sidebar blog ini.

5 comments:

KOMATSU-FORKLIFT said...

1. 5
2. -
3. sopir yg berjalan
4. teman kecil yg suruh bawa motor dan boncengin mbah tua, semnetara saya nunggu bis barengn cewe yg kusuka

Unknown said...

1. sama dg jika Anda mengalikan semua jari tangan kanan
2. impor beras biaya pemerintah
3. supir truk jalan kaki
4. sama dg jwbn bang komatsu di atas, beduaan brg yg disuka malem2 lg :D

Raden said...

1. Sekitar 1 km (panjang lohh bukan banyak digit)
2. Karena dia membeli & menjual 1000 kg beras sehingga hasil jualnya menjadi Rp 1000 x 1000 = Rp 1.000.000 dan menjadi jutawan.
3. Sopirnya jalan kaki
4. -

Unknown said...

1.mungkin 6meter :v
2.-
3.supirnya jalan kaki
4.mengantar orang tua , karena sahabat kecil dan orang yang dicintain masih ada kesempatan buat ketemu , kalo orang tua , takutnya ntar dilewat duluan :)

ben said...

1. 10
2. Rp. 10.000 disubsidi pemerintah
3. Supir truck lagi menyeberang jalan yang menunggu lampu merah menyala.
4. sama dengan jawaban komatsu

Post a Comment

Powered by Blogger.