Pengertian Soal Listening UN Bahasa Inggris


Materi hari ini adalah tentang Pengertian Soal Listening UN Bahasa Inggris, yuk simak materinya.

Sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Mata Pelajaran Bahasa Inggris Tingkat SMA/sederajat, soal UN Bahasa Inggris terdiri dari 2 bentuk soal yaitu Listening dan Reading. Nah, pada postingan kali ini, saya akan fokus pada pembahasan soal Listening.

Sebelum anda mengerjakan soal-soal Listening UN, ada baiknya jika anda mengerti bentuk dan bagian-bagian dari Listening itu sendiri. Secara garis besar bentuk ujian Listening pada Ujian Nasional terdiri atas 3 bagian:

Part I:
Dalam bagian ini, Anda akan mendengarkan beberapa percakapan dan pertanyaan mengenai percakapan tersebut. Percakapan dan pertanyaan ini akan dibacakan olek speaker dalam kaset sebanyak dua kali. Keduanya tidak akan dicetak pada naskah soal UN, sehingga anda harus mendengarkannya dengan saksama. Setelah anda mendengarkan percakapan dan pertanyaan, bacalah lima pilihan jawaban pada naskah soal anda dan tentukan pilihan jawaban yang paling tepat dari pertanyaan sesuai dengan percakapan yang dibacakan speaker dalam kaset. Contoh soal Listening UN Part I dapat anda baca dan pelajari DISINI

Part II:
Dalam bagian ini, Anda akan mendengarkan pernyataan atau pertanyaan yang diikuti oleh empat kalimat respon/tanggapan. Pernyataan atau pertanyaan ini dan responnya akan dibacakan speaker dalam kaset sebanyak dua kali. Pernyataan atau pertanyaan dan responnya tidak akan dicetak pada naskah soal UN, sehingga anda harus mendengarkannya dengan saksama. Tugas anda adalah menentukan respon/tanggapan yang paling tepat untuk setiap pernyataan atau pertanyaan yang dibacakan speaker dalam kaset.

Part III:
Dalam bagian ini, Anda akan mendengarkan beberapa monolog dan pertanyaan mengenai monolog tersebut. Setiap monolog akan dibacakan speaker dalam kaset sebanyak dua kali. Monolog dan pertanyaannya tidak akan dicetak dalam naskah soal UN, sehingga anda harus mendengarkannya dengan saksama. Setelah anda mendengar sebuah monolog dan pertanyaan-pertanyaan mengenai monolog tersebut, bacalah lima pilihan jawaban yang tersedia pada lembar naskah dan tentukan jawaban yang paling tepat dari pertanyaan-pertanyaan monolog tersebut.

Jika anda sudah mengerti arti dari soal Listening pada UN Bahasa Inggris, tentu akan lebih mudah bagi anda untuk menentukan strategi cara menjawab soal-soal Listening UN. Jangan sampai anda mengerjakan soal Listening tanpa tahu artinya, wah bisa gawat nanti. Bagi anda yang ingin mendapatkan soal-soal Listening UN Bahasa Inggris SMA/MA tahun 2004-2015 silahkan Download DISINI.

Semoga bermanfaat dan selamat belajar!

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.